Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 06 Maret 2011

Perkara Kecil Menjadi Besar

Disuatu hari terdapat dua orang sahabat yang sedang sibuk untuk membuat perahu. Mereka menemukan seekor rayap didalam sepotong kayu yang kecil. Salah seorang diantara mereka berniat untuk membuangnya, akan tetapi seorang yang lain mencegahnya. Dia berkata : “Kayu yang kecil seperti itu tidak sangat berpengaruh besar dalam pembuatan perahu ini. Apabila kita membuangnya maka kita akan rugi, karena kita harus mencari kayu yang lain”.
Maka mereka memasang kayu tersebut dalam pembuatan perahu hingga akhirnya selesailah perahu tersebut. Kemudian mereka berlayar mengarungi samudera siang dan malam.

Beberapa tahun kemudian, rayap yang berada didalam kayu itu bertelur dan jadilah rayap-rayap kecil yang sangat banyak. Mereka memakan keseluruhan kayu didalam kapal tersebut hingga membuat lubang yang sangat banyak. Tidak beberapa lama kapal itu terombang-ambing oleh ombak yang sangat besar sehingga lubang-lubang yang dibuat oleh rayap tersebut menjadi besar. Kemudian air masuk kedalam kapal, para pelaut tidak bisa mengeluarkan air tersebut. Kapal tersebut akhirnya menjadi berat dan tenggelam beserta seluruh awak kapal dan harta mereka.

Kejadian ini tidak akan terjadi apabila mereka tidak memasukkan kayu yang didalamnya terdapat seekor rayap. Maka suatu perkara yang kecil tanpa kita sadari akan menjadi besar seiring dengan bertambahnya perkara tersebut. Kita tidak boleh meremehkan sesuatu yang kecil karena akan berakibat sangat besar.

1 komentar:

Eginz mengatakan...

Bener bgt, mslh bSar muncul dr mslh kCil..
nice..

Posting Komentar

Leave me your Comment, Eventhough Just "Hello" word.